Apa Tanda dan Gejala Kanker Laring


Tanda dan gejala kanker laring termasuk sakit tenggorokan dan sakit telinga. Ini informasi dan tanda-tanda dan gejala lainnya dari Artria yang dapat disebabkan oleh kanker laring atau oleh kondisi lain. Periksa dengan dokter Anda jika Anda memiliki salah satu dari yang berikut:
  • Sakit tenggorokan atau batuk yang tidak kunjung sembuh.
  • Kesulitan atau rasa sakit saat menelan.
  • Sakit telinga.
  • Benjolan di leher atau tenggorokan.
  • Perubahan atau suara serak dalam suara.

Bagaimana Kanker Laring Didiagnosis?
Tes yang memeriksa tenggorokan dan leher digunakan untuk membantu mendeteksi (menemukan), mendiagnosis, dan kanker laring stadium lanjut.

Tes dan prosedur berikut dapat digunakan:

Pemeriksaan fisik tenggorokan dan leher: Pemeriksaan untuk memeriksa tenggorokan dan leher untuk area abnormal. Dokter akan merasakan bagian dalam mulut dengan jari yang bersarung tangan dan memeriksa mulut dan tenggorokan dengan cermin dan cahaya kecil bergagang panjang. Ini termasuk memeriksa bagian dalam pipi dan bibir; gusi; bagian belakang, atap, dan lantai mulut; bagian atas, bawah, dan sisi lidah; dan tenggorokan. Leher akan terasa untuk kelenjar getah bening yang bengkak. Riwayat kebiasaan kesehatan pasien dan penyakit masa lalu dan perawatan medis juga akan diambil.

Biopsi: Pengangkatan sel atau jaringan sehingga mereka dapat dilihat di bawah mikroskop oleh ahli patologi untuk memeriksa tanda-tanda kanker.

Sampel jaringan dapat diangkat selama salah satu dari prosedur berikut:

Laringoskopi: Prosedur untuk melihat laring (kotak suara) untuk area abnormal. Cermin atau laringoskop (instrumen tipis seperti tabung dengan cahaya dan lensa untuk melihat) dimasukkan melalui mulut untuk melihat laring. Alat khusus pada laringoskop dapat digunakan untuk mengangkat sampel jaringan.

Endoskopi: Prosedur untuk melihat organ dan jaringan di dalam tubuh, seperti tenggorokan, kerongkongan, dan trakea untuk memeriksa area abnormal. Endoskopi (tabung tipis dan terang dengan cahaya dan lensa untuk dilihat) dimasukkan melalui lubang di tubuh, seperti mulut. Alat khusus pada endoskop dapat digunakan untuk mengangkat sampel jaringan.

CT scan (CAT scan): Prosedur yang membuat serangkaian gambar terperinci dari area di dalam tubuh, diambil dari sudut yang berbeda. Gambar-gambar dibuat oleh komputer yang terhubung ke mesin x-ray. Zat warna dapat disuntikkan ke dalam vena atau ditelan untuk membantu organ atau jaringan terlihat lebih jelas. Prosedur ini juga disebut computed tomography, computerized tomography, atau computerized axial tomography.

MRI (magnetic resonance imaging): Prosedur yang menggunakan magnet, gelombang radio, dan komputer untuk membuat serangkaian gambar terperinci dari area di dalam tubuh. Prosedur ini juga disebut pencitraan resonansi magnetik nuklir (NMRI).

PET scan (pemindaian positron emission tomography): Suatu prosedur untuk menemukan sel tumor ganas dalam tubuh. Sejumlah kecil glukosa radioaktif (gula) disuntikkan ke dalam vena. Pemindai PET berputar di sekitar tubuh dan membuat gambar di mana glukosa digunakan dalam tubuh. Sel-sel tumor ganas muncul lebih terang dalam gambar karena mereka lebih aktif dan mengambil lebih banyak glukosa daripada sel normal.

PET-CT scan: Prosedur yang menggabungkan gambar-gambar dari pemindaian positron emission tomography (PET) dan pemindaian computed tomography (CT). PET dan CT scan dilakukan bersamaan dengan mesin yang sama. Pemindaian gabungan memberikan gambar yang lebih detail dari area di dalam tubuh daripada pemindaian yang diberikan dengan sendirinya. PET-CT scan dapat digunakan untuk membantu mendiagnosis penyakit, seperti kanker, merencanakan perawatan, atau mencari tahu seberapa baik pengobatan bekerja.

Pemindaian tulang: Prosedur untuk memeriksa apakah ada sel-sel yang membelah dengan cepat, seperti sel-sel kanker, dalam tulang. Sejumlah kecil bahan radioaktif disuntikkan ke dalam vena dan berjalan melalui aliran darah. Bahan radioaktif mengumpulkan di tulang dengan kanker dan terdeteksi oleh pemindai.

Barium swallow: Serangkaian sinar-X pada kerongkongan dan lambung. Pasien minum cairan yang mengandung barium (senyawa logam perak-putih). Cairan melapisi kerongkongan dan lambung, dan sinar-X diambil. Prosedur ini juga disebut seri GI atas.

Apa Tahapan Kanker Laring?
Setelah kanker laring didiagnosis, tes dilakukan untuk mengetahui apakah sel-sel kanker telah menyebar di dalam laring atau ke bagian lain dari tubuh.

Proses yang digunakan untuk mengetahui apakah kanker telah menyebar di dalam laring atau ke bagian tubuh lain disebut stadium. Informasi yang dikumpulkan dari proses pementasan menentukan stadium penyakit. Penting untuk mengetahui stadium penyakit untuk merencanakan perawatan. Hasil beberapa tes yang digunakan untuk mendiagnosis kanker laring sering juga digunakan untuk stadium penyakit.

Kanker dapat menyebar dari tempat itu mulai ke bagian lain dari tubuh. Ketika kanker menyebar ke bagian lain dari tubuh, itu disebut metastasis. Sel-sel kanker melepaskan diri dari tempat mereka mulai (tumor primer) dan berjalan melalui sistem getah bening atau darah. Ada tiga cara kanker menyebar ke seluruh tubuh. Kanker dapat menyebar ke seluruh tubuh jaringan ough, sistem getah bening, dan darah:

Tisu. Kanker menyebar dari tempat itu dimulai dengan tumbuh ke daerah terdekat.
Sistem getah bening. Kanker menyebar dari tempat itu dimulai dengan masuk ke sistem getah bening. Kanker berjalan melalui pembuluh getah bening ke bagian lain dari tubuh.
Darah. Kanker menyebar dari tempat itu dimulai dengan masuk ke dalam darah. Kanker berjalan melalui pembuluh darah ke bagian lain dari tubuh.
Tumor metastasis adalah jenis kanker yang sama dengan tumor primer. Sebagai contoh, jika kanker laring menyebar ke paru-paru, sel-sel kanker di paru-paru sebenarnya adalah sel-sel kanker laring. Penyakitnya adalah kanker laring metastatik, bukan kanker paru-paru.

Tahap-tahap berikut digunakan untuk kanker laring:

Tahap 0 (Karsinoma di Situ)
Pada tahap 0, sel-sel abnormal ditemukan di lapisan laring. Sel-sel abnormal ini dapat menjadi kanker dan menyebar ke jaringan normal terdekat. Stadium 0 juga disebut karsinoma in situ.

Tahap I
Pada stadium I, kanker telah terbentuk. Kanker laring stadium I tergantung pada di mana kanker dimulai di laring:
Supraglottis: Kanker hanya ada di satu area supraglotis dan pita suara dapat bergerak secara normal.
Glotis: Kanker ada dalam satu atau kedua pita suara dan pita suara dapat bergerak secara normal.
Subglottis: Kanker hanya pada subglottis.

Tahap II
Pada stadium II, kanker hanya di laring. Kanker laring stadium II tergantung di mana kanker dimulai di laring:
Supraglotis: Kanker ada di lebih dari satu area supraglotis atau jaringan di sekitarnya.
Glotis: Kanker telah menyebar ke supraglotis dan / atau subglotis dan / atau pita suara tidak dapat bergerak secara normal.
Subglotis: Kanker telah menyebar ke satu atau kedua pita suara, yang mungkin tidak bergerak secara normal.

Tahap III
Kanker laring stadium III tergantung pada apakah kanker telah menyebar dari supraglotis, glotis, atau subglotis.

Pada stadium III kanker supraglotis: kanker hanya pada laring dan pita suara tidak dapat bergerak, dan / atau kanker berada di jaringan di sebelah laring. Kanker mungkin telah menyebar ke satu kelenjar getah bening di sisi leher yang sama dengan tumor asli dan kelenjar getah bening 3 sentimeter atau lebih kecil; atau kanker berada di satu area supraglotis dan satu kelenjar getah bening di sisi leher yang sama dengan tumor aslinya; kelenjar getah bening 3 cm atau lebih kecil dan pita suara dapat bergerak secara normal; atau kanker ada di lebih dari satu area supraglotis atau jaringan di sekitarnya dan di satu kelenjar getah bening di sisi leher yang sama dengan tumor aslinya; kelenjar getah bening 3 cm atau lebih kecil.

Pada stadium III kanker glotis: kanker hanya di laring dan pita suara tidak bisa bergerak, dan / atau kanker ada di jaringan di sebelah laring; kanker mungkin telah menyebar ke satu kelenjar getah bening di sisi leher yang sama dengan tumor asli dan kelenjar getah bening 3 sentimeter atau lebih kecil; atau kanker ada di satu atau kedua pita suara dan dalam satu kelenjar getah bening di sisi leher yang sama dengan tumor aslinya; kelenjar getah bening 3 cm atau lebih kecil dan pita suara dapat bergerak secara normal; atau kanker telah menyebar ke supraglotis dan / atau subglotis dan / atau pita suara tidak dapat bergerak secara normal. Kanker juga telah menyebar ke satu kelenjar getah bening di sisi leher yang sama dengan tumor asli dan kelenjar getah bening 3 sentimeter atau lebih kecil.

Pada stadium III kanker subglotis: kanker ada di laring dan pita suara tidak bisa bergerak; kanker mungkin telah menyebar ke satu kelenjar getah bening di sisi leher yang sama dengan tumor asli dan kelenjar getah bening 3 sentimeter atau lebih kecil; atau kanker ada di subglotis dan di satu kelenjar getah bening di sisi leher yang sama dengan tumor asli; kelenjar getah bening 3 cm atau lebih kecil; atau kanker telah menyebar ke satu atau kedua pita suara, yang mungkin tidak bergerak secara normal. Kanker juga telah menyebar ke satu kelenjar getah bening di sisi leher yang sama dengan tumor asli dan kelenjar getah bening 3 sentimeter atau lebih kecil.

Tahap IV
Tahap IV dibagi menjadi tahap IVA, tahap IVB, dan tahap IVC. Setiap subtase sama untuk kanker pada supraglotis, glotis, atau subglotis.

Pada tahap IVA: kanker telah menyebar melalui tulang rawan tiroid dan / atau telah menyebar ke jaringan di luar laring seperti leher, trakea, tiroid, atau kerongkongan. Kanker mungkin telah menyebar ke satu kelenjar getah bening di sisi leher yang sama dengan tumor asli dan kelenjar getah bening 3 sentimeter atau lebih kecil; atau kanker telah menyebar ke satu kelenjar getah bening di sisi leher yang sama dengan tumor asli dan kelenjar getah bening lebih besar dari 3 sentimeter tetapi tidak lebih besar dari 6 sentimeter, atau telah menyebar ke lebih dari satu kelenjar getah bening di mana saja di leher tanpa lebih besar dari 6 sentimeter. Kanker mungkin telah menyebar ke jaringan di luar laring, seperti leher, trakea, tiroid, atau kerongkongan. Pita suara mungkin tidak bergerak secara normal.

Pada stadium IVB: kanker telah menyebar ke ruang di depan tulang belakang, mengelilingi arteri karotis, atau telah menyebar ke bagian dada. Kanker mungkin telah menyebar ke satu atau lebih kelenjar getah bening di leher dan kelenjar getah bening bisa berapa pun ukurannya; atau kanker telah menyebar ke lym simpul ph yang lebih besar dari 6 sentimeter dan mungkin telah menyebar sejauh ruang di depan tulang belakang, di sekitar arteri karotis, atau ke bagian dada. Pita suara mungkin tidak bergerak secara normal.

Pada stadium IVC, kanker telah menyebar ke bagian lain dari tubuh, seperti paru-paru, hati, atau tulang.

Kanker Laring Berulang
Kanker laring berulang adalah kanker yang sudah kambuh (kembali) setelah dirawat. Kanker kemungkinan besar akan kembali dalam 2 hingga 3 tahun pertama. Mungkin kembali di laring atau di bagian tubuh lain.

Apa Perawatan untuk Kanker Laring?
Berbagai jenis perawatan tersedia untuk pasien dengan kanker laring. Beberapa perawatan adalah standar (perawatan yang saat ini digunakan), dan beberapa sedang diuji dalam uji klinis. Uji klinis perawatan adalah studi penelitian yang dimaksudkan untuk membantu meningkatkan perawatan saat ini atau mendapatkan informasi tentang perawatan baru untuk pasien dengan kanker. Ketika uji klinis menunjukkan bahwa pengobatan baru lebih baik daripada pengobatan standar, pengobatan baru dapat menjadi pengobatan standar. Pasien mungkin ingin berpikir untuk ikut serta dalam uji klinis. Beberapa uji klinis terbuka hanya untuk pasien yang belum memulai pengobatan.

Tiga jenis perawatan standar yang digunakan:

Terapi radiasi
Terapi radiasi adalah perawatan kanker yang menggunakan sinar-X berenergi tinggi atau jenis radiasi lain untuk membunuh sel-sel kanker atau menjaga mereka agar tidak tumbuh. Ada dua jenis terapi radiasi:
  • Terapi radiasi eksternal menggunakan mesin di luar tubuh untuk mengirim radiasi ke arah kanker.
  • Terapi radiasi internal menggunakan zat radioaktif yang disegel dalam jarum, biji, kabel, atau kateter yang ditempatkan langsung ke dalam atau di dekat kanker.

Cara terapi radiasi diberikan tergantung pada jenis dan stadium kanker yang sedang dirawat. Terapi radiasi eksternal digunakan untuk mengobati kanker laring. Terapi radiasi dapat bekerja lebih baik pada pasien yang berhenti merokok sebelum memulai perawatan. Terapi radiasi eksternal ke tiroid atau kelenjar hipofisis dapat mengubah cara kerja kelenjar tiroid. Tes darah untuk memeriksa kadar hormon tiroid dalam tubuh dapat dilakukan sebelum dan sesudah terapi untuk memastikan kelenjar tiroid bekerja dengan baik.

Terapi radiasi hyperfractionated dapat digunakan untuk mengobati kanker laring. Terapi radiasi hyperfractionated adalah perawatan radiasi di mana total dosis harian radiasi yang lebih kecil dari biasanya dibagi menjadi dua dosis dan perawatan diberikan dua kali sehari. Terapi radiasi hyperfractionated diberikan selama periode waktu yang sama (hari atau minggu) sebagai terapi radiasi standar. Jenis terapi radiasi baru sedang dipelajari dalam pengobatan kanker laring.

Operasi
Pembedahan (mengangkat kanker dalam operasi) adalah perawatan umum untuk semua tahap kanker laring. Prosedur bedah berikut dapat digunakan:
  • Cordectomy: Operasi untuk menghilangkan pita suara saja.
  • Laryngectomy Supraglottic: Pembedahan untuk mengangkat hanya supraglotis.
  • Hemilaryngectomy: Pembedahan untuk mengangkat setengah dari laring (kotak suara). Hemilaringektomi menyelamatkan suara.
  • Laringektomi parsial: Pembedahan untuk mengangkat bagian dari laring (kotak suara). Laringektomi parsial membantu menjaga kemampuan pasien untuk berbicara.
  • Total laringektomi: Pembedahan untuk mengangkat seluruh laring. Selama operasi ini, sebuah lubang dibuat di bagian depan leher untuk memungkinkan pasien bernafas. Ini disebut trakeostomi.
  • Tiroidektomi: Pengangkatan seluruh atau sebagian kelenjar tiroid.
  • Pembedahan laser: Suatu prosedur pembedahan yang menggunakan sinar laser (seberkas sinar intens) sebagai pisau untuk membuat luka tak berdarah di jaringan atau untuk menghilangkan lesi permukaan seperti tumor di laring.
  • Setelah dokter mengangkat semua kanker yang dapat dilihat pada saat operasi, beberapa pasien dapat diberikan kemoterapi atau terapi radiasi setelah operasi untuk membunuh sel-sel kanker yang tersisa. Perawatan yang diberikan setelah operasi, untuk menurunkan risiko kanker akan kembali, disebut terapi adjuvant.

Kemoterapi
Kemoterapi adalah perawatan kanker yang menggunakan obat-obatan untuk menghentikan pertumbuhan sel kanker, baik dengan membunuh sel atau dengan menghentikan sel dari membelah. Ketika kemoterapi diminum atau disuntikkan ke pembuluh darah atau otot, obat memasuki aliran darah dan dapat mencapai sel kanker di seluruh tubuh (kemoterapi sistemik).

Ketika kemoterapi ditempatkan langsung ke dalam cairan serebrospinal, organ, atau rongga tubuh seperti perut, obat-obatan terutama mempengaruhi sel-sel kanker di daerah tersebut (kemoterapi regional). Cara kemoterapi diberikan tergantung pada jenis dan stadium kanker yang sedang dirawat.

Terapi yang ditargetkan
Terapi yang ditargetkan adalah jenis perawatan yang menggunakan obat-obatan atau zat lain untuk menyerang sel kanker tertentu.

Terapi yang ditargetkan biasanya menyebabkan lebih sedikit kerusakan pada sel-sel normal daripada kemoterapi atau terapi radiasi. Antibodi monoklonal adalah jenis terapi yang ditargetkan sedang dipelajari dalam pengobatan kanker laring.

Terapi antibodi monoklonal adalah terapi kanker yang menggunakan antibodi yang dibuat di laboratorium dari satu jenis sel sistem kekebalan. Antibodi ini dapat mengidentifikasi zat pada sel kanker atau zat normal dalam darah atau jaringan yang dapat membantu sel kanker tumbuh. Antibodi menempel pada zat-zat itu dan membunuh sel-sel kanker, menghambat pertumbuhannya, atau mencegahnya menyebar. Antibodi monoklonal diberikan melalui infus. Mereka dapat digunakan sendiri atau untuk membawa obat-obatan, racun, atau bahan radioaktif langsung ke sel kanker.

Cetuximab adalah jenis antibodi monoklonal yang sedang dipelajari dalam pengobatan kanker laring. Ia bekerja dengan mengikat protein pada permukaan sel kanker dan menghentikan sel agar tidak tumbuh dan membelah.

Penyensor radio
Radiosensitizers adalah obat yang membuat sel-sel tumor lebih sensitif terhadap terapi radiasi. Menggabungkan terapi radiasi dengan radiosensitizer dapat membunuh lebih banyak sel tumor.

Uji klinis
Untuk beberapa pasien, mengambil bagian dalam uji klinis mungkin menjadi pilihan perawatan terbaik. Uji klinis adalah bagian dari proses penelitian kanker. Uji klinis dilakukan untuk mengetahui apakah pengobatan kanker baru aman dan efektif atau lebih baik daripada pengobatan standar.

Banyak perawatan standar saat ini untuk kanker didasarkan pada uji klinis sebelumnya. Pasien yang mengambil bagian dalam uji klinis dapat menerima perawatan standar atau menjadi yang pertama menerima pengobatan baru. Pasien yang ikut serta dalam uji klinis juga membantu meningkatkan cara kanker akan dirawat di masa depan. Bahkan ketika uji klinis tidak mengarah pada perawatan baru yang efektif, mereka sering menjawab pertanyaan penting dan membantu memajukan penelitian.

Pasien dapat memasuki uji klinis sebelum, selama, atau setelah memulai pengobatan kanker mereka. Beberapa uji klinis hanya mencakup pasien yang belum menerima pengobatan. Uji coba lainnya menguji perawatan untuk pasien yang kankernya belum membaik. Ada juga uji klinis yang menguji cara-cara baru untuk menghentikan kanker dari berulang (kembali) atau mengurangi efek samping dari perawatan kanker.

Subscribe to receive free email updates: